You can be Follower or the Leader of your Life

Pilihan Hadir Setiap Saat, Pilihkan yang terbaik Karena kita pantas mendapatkannya.

Di antara banyaknya pilihan dalam hidup mulai dari bangun pagi hingga malam hari kita memejamkan mata, salah satu yg tidak absen terlewat dan terngiang2 di telinga dan fikiran kita yang bekerja untuk orang lain, misalnya di sebuah perusahaan besar maupun kecil, perusahaan swasta maupun perorangan.

Pilihan 1: Haruskah saya terus bekerja?

Pilihan 2: Mungkinkah saya bisa menjadi boss buat perusahaan / bisnis saya sendiri?

Hal yang sangat tidak mudah untuk dijawab apalagi dilakukan, bila pertanyaan ini terus berputar2 di kepala anda dan kecenderungan untuk memilih untuk pilihan yang kedua.

Penyebabnya bisa jadi hal2 yang terjadi di lingkungan pekerjaan dan inilah hal terbesar pendorong pemikiran dan pertanyaan tersebut ada.

  • Income / gaji yang gak naik2 alias segitu2 aja
  • Mungkin Gaji naik, tapi pengeluaran naiknya lebih drastis lagi tingginya
  • Mungkin Jabatan anda, seharusnya naik menurut anda
  • Bosan / Jenuh
  • Kurang Tantangan
  • Intrik2 yg biasa terjadi di kantor , meskipun anda mungkin tidak terlibat di dalamnya
  • Industri yg mulai menurun trendnya
  • Kurangnya Training / pengembangan ilmu bagi anda
  • Tidak adanya ruang kenaikan buat anda
  • Persaingan New Entrance – fresh graduate yg begitu banyak dan mau dibayar lebih murah dan mau bekerja lebih giat dari anda namun andanya belum belum juga naik karir, atau sindrom : Staf Senior (staf yg secara waktu sudah lama bekerja disana bukan Senior Staff secara jabatan).
  • kurangnya fasilitas
  • bosnya gak asik๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜…
  • temen kerjanya gak cool ๐Ÿ˜œ
  • dan banyak hal unik lainnya.

BETTER NOT DECIDE atau lanjut saja bekerja utk orang lain atau Jangan memilihย pilihan ke 2 bila kecenderungan anda mulai ingin berbisnis atau menjadi boss dari usaha anda sendiri ini bila berangkat atau diawali dari hal – hal yg bersifat “negative”: keluhan, complaints dkk. Rasa2nya siih memang prakteknya sih bisa membuat anda “berubah”, mungkin dari karyawan menjadi pebisnis. Tapi ….,

Tapi yakinlah, bila anda berangkat dengan emosi negative seperti ini, meskipun kebanyakan hasilnya “hanya” berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain.
baca daftar di atas aja udah bikin nahan nafas yah? gimana jalaninnya?

Lalu bagaimana dong?

mengutip Intentional Living seperti yg diajarkan oleh Bapak John c Maxwell.


Berangkatlah membuat keputusan dari apa yg kita rasakan secara menyeluruh penuh kesadaran, terdorong dari dalam yg membangkitkan energi positive yg sangat besar utk membuat kita bertanggung jawab penuh atas apapun yg terjadi di kemudian hari atas pilihan yang telat kita buat.

So keputusan meninggalkan zona nyaman (yg tidak aman), ย bekerja untuk orang lain – however, pertama : itu adalah pilihan kita terdahulu ย dalam hidup. Kondisi ketidaknyamanan pada daftar di atas adalah bagian dari konsekuensi atas pilihan tersebut.

karena kita yang memilih, kita juga yg menikmati hasilnya apapun itu selama ini, maka selayaknya kita lah yg bertanggungjawab penuh atas segala yg yg kita alami atau rasakan. Meskipun respon hidup selanjutnya ada juga di tangan anda.

kedua, berpindah zona nyaman (yg tidak aman) ke zona yg sangat tidak nyaman seperti menjadi enterpreneur apapun bidangnya, tidaklah semudah seperti anda marah, memukul orang kemudian minta maaf dan selesai, tidak pernah semudah itu.

akan semakin tidak mudah bila kita membuat keputusan berangkat dari perasaan2 yg anda berikan sebagai respon terhadap situasi yg terjadi, pada semesta pilihan hidup anda saat ini atau sebelumnya yaitu bekerja pada orang lain, dengan terbawa energi dari emosi (yg cenderung tidak positive), maka selamanya selama itu yang menjadi landasan anda bergerak terbawa, biasanya membawa anda kembali pada situasi yg membuat anda merasa nyaman, misalkan : kembali bekerja untuk orang lain.

karena sesungguhnya hidup dalam zona tidak nyaman dengan Income yg bisa membuat anda sangat nyaman, membutuhkan Hasrat yg membara, Why yg kuat, Motivasi positive dari dalam diri kita sendiri, yg tidak goyah karena kesulitan menghadang, tidak mudah tergoda kembali ke zona nyaman yg tidak aman, dan dengan mudahnya membangun Self Recovery dengan cepat, “Benteng” dan Pondasi yg sekuat baja, dan “Antioxidant” yg tinggi yg membuat anda bertahan membangun empire bisnis dan impian anda jangka panjang tanpa mengenal kata menyerah.

Menganggap bahwa kegagalan bukanlah kita manusia gagal, tapi kegagalan adalah pelajaran yg sangat mahal. Kegagalan hanya datang kepada yg mencoba, Kegagalan TIDAK AKAN datang kepada orang2 yg berdiam diri terbawa arus kehidupan seperti robot2 di industri manufaktur. Kegagalan adalah tempat kita belajar yg nilainya tidak bisa dibeli, maka respon kita terhadap hal tersebutlah yg paling penting.


So harus bagaimana?

Intentionally consider, dengan kesadaran penuh melakukan tindakan yg membuat anda menikmati hidup lebih baik, karena pekerjaan, atau apapun yang kita lakukan setiap hari, setiap saat … membentuk sejarah hidup. Problem atau masalah atau keluhan atau apapun itu tidak akan menjadi masalah bila anda tau solusi atau cara menyelesaikannya.

Maka kitalah yg harus secara sadar penuh menjadi perencana terbaik, Bersyukurlah bila menemukan begitu banyak kendala dalam kantor atau tempat kita bekerja saat ini.

berikan respon yg baik bukan dengan mengeluh, mencaci maki, menyalahkan ini itu… hey Look Back Look in…. ini bisa jadi petunjuk untuk anda bertumbuh.

Agak aneh, tapi saya merasa senaaaang (dibaca: tertantang) sekali waktu dulu di kantor ada “kejadian2″” ajaib” apapun itu yg mungkin melibatkan ataupun tidak melibatkan anda secara langsung, mungkin polemik yg anda lihat dan rasakan tidak nyaman . so inilah saat yg tepat utk kita melihat lagi, inilah titik dimana kita akan terus hang on di kondisi ini atau mengingatkan kita kepada ( mungkin), PR atau impian2 kita yg tertunda sebelumnya. Yang hampir sulit utk breakthru, break things out ketika kita dalam kondisi nyaman.

Great Things indeed tidak pernah hadir di zona nyaman.


So ketika ini terjadi pada anda di kondisi anda saat ini, buang jauh2 fikiran negative meskipun memang yg terjadi adalah negative… namun refleksikan selalu hal yg positive, putus / tolak energi negative tsb masuk dan kembali dipancarkan oleh anda sendiri. Ini adalah masa yg tepat utk keembali kuatkan apa yg menjadi Tujuan Besar Hidup anda.

Saya menyebut sepaket panggilan / impian / PR / Project dari dalam diri saya sebagai “Project Hidup” saya.

Project Hidup ini yg membuat saya selalu bersyukur apapun yg terjadi, tdk mudah mengeluh dan terus bisa berfikir positive. seburuk apapun yg terjadi di sekitar saya waktu dulu bekerja utk orang lain, ketika ingat akan “project hidup”, saya akan terus tersenyum, inilah yg saya butuhkan utk bertumbuh dan mengingatkan saya bahwa Project Hidup saya memanggil2 seorang Chief utk diwujudkan … dan itulah saya orangnya.
Apa yg menjadi Project Hidup Anda? Impian2 yg sangaaat besar meskipun rasanya tak mungkin secara skala ekonomi saat ini.

  • apakah ingin membangun suatu Rumah Ibadah atas nama Orang Tua kita?
  • ย memiliki Perusahaan besar dimana Sebagian besar cash profit bersih anda ditujukan utk ibadah?
  • Apakah “sekedar” menyalurkan hobby menulis, memasak, menjahit, berbicara, mengajar ?
  • apakah project hidup anda adalah sedekah 1 Milyard setiap tahun?
  • Apakah mungkin mengajak anak2 keliling dunia?
  • apakah memberikan kehidupan terbaik untuk orang tua?
  • Kapan? Berapa besar biayanya? Apa yg harus dilakukan …

apapun itu ….apapun rencana, apapun panggilan hidup, Project Hidup (bahasa saya hehhe),

they require lots of things to do, down, in front, and the most important thing is:

THEY REQUIRE …. YOU,ย 

THEY REQUIRE…. ME,

THEY require … the Owner of the dreams, the Chief of the Plan,

Inilah alasan yg terbaik sebelum memutuskan segalanya yg dibutuhkan kedepannya.

Ubah segala hal negative yg destruktif menjadi energi Positive yg konstruktif

Apapun yg akan anda putuskan, itu semua adalah kebebasan karena itu adalah Pilihan. Namun Konsekuensi dari Pilihan itulah yg tidak akan bisa dihindari.

Kendalikan penuh hidup ini. ย Kita selamanya tak akan bisa mengendalikan segala situasi yg terjadi di sekitar kita, tapi kita bisa mengendalikan respon terhadap situasi tersebut.

Tidak pernah banyak waktu yg tersisa karena kita tak akan tau misteri usia kita, maka Lakukanlah dari sekarang. We are all amazing God’s creation. We all have whatever needed to do anything. God is Gracious, God is the almighty, and God is always with Us.

@ellienurhayati

Writing this from City Plaza Wisma Mulia.

*Apa yg saya jalani saat ini adalah Proses menuju mencapai Project Hidup saya, mengambil kendali penuh memimpin hidup dan impian hidup saya, dan apa lagi yg saya ragukan kalau Allah berkata dalam Kitab Suci: Innallahama’Ana : Aku selalu bersamamu.

What Else to Fear? ^huh? ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š. Lets be the CEO of our own Life Projects.

Doakan agar saya terus bertumbuh memperbaiki diri dan terus belajar yaaa…

kindly give your feedback on my writing ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s