Berbisnis yang benar di Facebook?

Galau mau jalanin Bisnis di Facebook?  Setiap kali mau pasang status ada rasa bersalah bakal ganggu teman? atau PeDe2 aja, libas2 aja… cape2, tertata, ternyata ga ada yg denger karena faktanya Anda di Block oleh teman Anda?

Atau pernah tersinggung di”semprot” salah satu teman Facebook kita yang mengeluh banyaknya status yang sudah tidak relevan dengan pertemanan sesungguhnya, jauh dari sifat Mutualism…

hmm…

So dikenali dulu apa sih sebetulnya Facebook (duh facebook siapa yg ga tau?) tapi nyatanya banyak tuh yg memang BELUM Faham Facebook, buat apa, fiturnya ada apa aja, apa arti FRIENDS di facebook, apa arti FANS, kenapa ada FanPage? dst dst.

belakangan ini sering lihat friends di facebook saya yg complain alias tidak suka soal broadcast message terkait bisnis MLM (karena mungkin bukan jualan secara produk, tapi message2 yg all-knew berkaitan dengan bisnis MLM), di wall timeline friendship facebook.

sepertinya memang dibahas sampai kapanpun bisa jadi benar di dua sisi (menurut masing2), bila masing2 berdebat pada posisi pemahaman yg sama2 kurang.

Saya pribadi termasuk yang merasa tidak (tepatnya belum) terganggu sekaligus jadi belajar system2 yang diterapkan di MLM tertentu, saya (BELUM) pernah block seorang teman karena itu, kecuali tindakan preventive – tidak mengapprove yang tidak saya kenal.

However, penengahannya juga dari 2 sisi,

1. Bring Back the Soul! apa Tujuan Bisnis di Social Media

baik bisnis pribadi/StartUp, MLM Business, trus pake media Online tujuannya apa ya? Dipastikan dong Tujuannya pakai Facebook utk Bisnis maunya dapet ini ya:

a. Memanfaatkan Audience dan Market Facebook (kepikirannya langsung sejumlah teman yg ada ya di Facebook? – sementara kita bisa mencapai yang tidak terbatas )

b. Audience – tentunya Audience yg mau Listening & Responding, bukan audience (sejumlah teman facebook yg MENURUT kita mereka mendengar, hhoho pdhl mereka BLOCK kita? hmm no no no)

b. Pembelian atau Purchase – Ini pasti dong ya tujuan awal dan akhir.

c. Network & Engagement – tentunya bisnis yang bertumbuh dengan orang yg nyata2 ada.

d. Report Growth (statistic, demographic dari bisnis kita yg dijalanin di media online ini)

Social Media termasuk Facebook merupakan salah satu media yang cukup membantu dalam mempromosikan bisnis/produk kita, sebagai tambahan channel distribusi dan promosi. Tapi selalu, lebih bijak apabila kita menggunakannya dengan cara yang baik dan benar.

Supaya apa? bukan hanya bagi audience, tapi juga untuk diri kita dan bisnis kita sendiri.

Lihat Why Social Media/Facebook dkk menjadi media yang diperlukan untuk bisnis di Post ini ya (menyusul).

2. Bisnis di Facebook Pribadi / Personal Facebook /Friend – bukan FanPage

Pertanyaannya, Kita mulai dari Punya Facebook dengan Teman2 dulu baru mulai koar2 bisnis di Facebook tsb, atau memang buat Facebook Friend ini untuk memulai Bisnis?

Kalau anda di posisi pertama, sudah memiliki teman misal 1000 Friends (bukan fans loh ya), bisa jadi dikatakan – we started it out wrong, Bila yang kedua – hanya perlu dibenahi sedikit saja selesai (ini ada solusi teknis di Facebook).

Pertama, melihat di 2 sisi, bukan hanya Friends kita saja yang dirugikan, tapi Kita sendiri. Coba Deh. Bicara berbisnis memanfaatkan Social media ini dipastikan kita ingin GROWTH, new people coming in, dipastikan juga tidak mungkin kita akan membabat habis 100% dari FRIENDS kita saja ya….

Apabila Anda mengikuti suatu Bisnis terutama yang berbasis Jaringan, jadilah kritis terhadap instruksi (namun kritis ini tentunya perlu ilmu ya). Apabila kita menjalaninya tanpa mengkritisasi atau mengantisipasi dengan melakukannya dengan cara yang benar, tentunya Resiko2 ini sudah harus dapat kita fahami.

Bayangkan bila ada 10 atau 20 atau seterusnya dari misalnya teman Facebook saya (sekitar 500an) melakukan bisnis yang sama, update status yang sama atau sejenis. 1 hari 3 kali, terbayangkah timeline facebook teman kita? Apabila anda menemukan teman facebook yg seperti saya masih bisa bersyukur karena tidak saya Block. Well, so many people Block it down. Namun pada titik mana kita akan menemukan Genuine Leads dari Bisnis kita?

OK, Coba deh cek ricek hal2 ini di facebook ini (yg pada akhirnya resiko kita sendiri yg mengundang):

  • Apa kita Cukup NARSIS (kalo ga mau dibilang OVERSHARED? hihi), yaitu broadcast status/foto cukup banyak soal keluarga/private, either broadcast foto anak, lokasi / alamat rumah, kegiatan Check in sehari2, foto keluarga (anak, adik kakak, ayah/ibu/oma/opa) dll
  • Bagaimana Settingan Privacy kita, apa dibuka Subscription-nya (sdh seperti Celeb ya pake subscription. kalau sudah ditutup privasinya tp subscription dibuka ya sama aja hehe, everyone can have a sneak peak over your shares.
  • Konsistensi kita sendiri atas Facebook pribadi kita.
    • Cukup peduli dengan sharing Privacy? terkait Share2 pribadi kita di atas?
    • Faham Resiko dengan meng-add siapapun yg kita undang atau di rekomendasikan utk menjadi teman atau “teman” – Friends of Friends Share dan sterusnya terbuka terus yaa kemungkinannya
    • Cukup peduli dengan “Kesempatan” yang kita buka sendiri – orang lain utk mengakses seluasnya? (ingat kata bang Napi, selain ada niat juga ada kesempatan)
    • Cukup peduli dengan perasaan teman2 kita (yg pd awalnya memang facebook ini utk pertemanan lalu menjadi bisnis?)
    • atau memang ada niatan Facebook ini akan dimutasi menjadi bisnis saja? – Ini lebih baik, disarankan bila diproyeksikan untuk Umum, dihapus semua private sharing kita utk menjaga keamanan keluarga atau lingkaran privasi kita sendiri.
  • So How’s your plan Really?

3. Facebook punya Fan Page untuk Bisnis

Yes, Facebook merupakan pangsa pasar yang besar, khususnya di Indonesia. Bukan hanya kita sbg personal/mini bisnis tapi juga brand2 besar menggelontorkan dana yang boleh dibilang signifikan untuk promo di facebook.

So, dari point 2 saya berharap jelas bahwa Friend page seharusnya digunakan untuk kepentingan pribadi (KITA Sendiri). Terkecuali case tadi ya, kita memang membuat Friend Page utk Bisnis (dengan alasan tertentu), namun ya bisnis kita tidak mau kan terputus di 5.000 Friends? maunya berapa Network bisnis kita? so pasti tidak terbatas.

(Lihat Link ini untuk melihat Besarnya Pasar Facebook).

So, mulailah, Create a Fan Page (Lihat Link ini) atau bila anda betul2 ingin memigrasi Facebook Pribadi Anda menjadi Fanpage Bisnis (lihat Link ini).

Keuntungan melakukan Bisnis Di FanPage Facebook:

– Jelas tidak terbatas Jumlah Fans kita (vs max 5.000 friends)

– Disupport Penamaan URL bisnis dan juga naming Page

– Disupport Tools Report Insight Facebook (quite super complete)

– Promote / Iklan self – service yang sangat mudah, terfilter by demographic, content, similarity dll.

– Informasi Page layaknya sebuah Website Bisnis

– Searchable tentunya, dan masih banyaak lagi.

So, don’t hesitate and Let’s Not mess up your Facebook Friends Relationship.

Saatnya Anda membuktikan the strength of your Brand, Strength of your personal Business Leadership, your content & stuffs to the real world, dan Anda sendiri yang akan dapat mengukurnya suatu waktu nanti. Yang jelas, bila Anda tidak memulainya sekarang? kapan lagi?

#Masih bingung Tips & Trick mengelola Fanpage? ditunggu Post selanjutnya

*How To Convert Facebook to a Facebook Fan Page

*How Big is my Market in Facebook? Do People Shop in Facebook?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s